Tuesday, February 23, 2016

Kalijodo Kini Dipasang CCTV


KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Warga yang tinggal di kawasan Kalijodo, Kelurahan Penjagalan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, memasang spanduk tuntutan ganti rugi, Kamis (18/2/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com — Polisi memasang sejumlah unit kamera pengawas atau closed circuit of television (CCTV) di beberapa lokasi di Kalijodo.

Pemasangan dilakukan bersamaan dengan digelarnya operasi pemberantasan penyakit masyarakat, Sabtu (20/2/2016).

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Muhammad Iqbal mengatakan, tujuan pemasangan CCTV itu ialah untuk mempermudah pengawasan.

Menurut dia, CCTV yang terpasang di Kalijodo akan terhubung ke Mapolda Metro Jaya, Mapolres Metro Jakarta Barat, dan Mapolres Metro Jakarta Utara.

"Yang kita pasang baru di empat titik. Semuanya di wilayah sini," kata Iqbal di lokasi.

Secara administratif, kawasan Kalijodo terbagi atas lima RT. Satu RT masuk dalam wilayah Angke, Tambora, Jakarta Barat, sedangkan empat RT lainnya masuk dalam wilayah Pejagalan, Penjaringan, Jakarta Utara.

Di lokasi yang sama, Kepala Biro Operasi Komisaris Besar Martuani Siregar mengatakan, CCTV tidak akan terpasang permanen.

Namun, ia mengaku belum dapat memastikan sampai kapan alat itu dipasang.

"CCTV ini sifatnya tidak permanen, hanya insidental saja. Gunanya untuk mengidentifikasi siapa-siapa saja yang datang ke sini," ujar dia.

Warga Kalijodo hanya diberi waktu 11 hari dari Kamis (18/2/2016) untuk mengosongkan atau membongkar sendiri bangunannya.

Sebelas hari itu terdiri atas tujuh hari untuk masa berlaku surat peringatan pertama, tiga hari untuk masa berlaku surat peringatan kedua, dan satu hari untuk masa berlaku surat peringatan ketiga. Jika tidak mengosongkan wilayah Kalijodo, pemerintah akan melakukan eksekusi.

Sumber: http://megapolitan.kompas.com/read/2016/02/20/14014511/Kalijodo.Kini.Dipasang.CCTV