Tuesday, June 6, 2017

CEO Intel : Mobil Self-Driving Bisa Diberdayakan Jadi Kamera Pengawas

CEO Intel : Mobil Self-Driving Bisa Diberdayakan Jadi Kamera Pengawas

AutonetMagz.com – Sekarang, sudah mulai terasa kalau mobil bukan sekedar mobil saja. Perkembangan teknologi yang semakin pesat – malah terlalu pesat – membuat mobil kini jadi lebih cerdas, misalnya bisa parkir sendiri atau mampu menjalankan dirinya sendiri. Namun bagaimana kalau mobil bisa menjalankan fungsi ganda, yakni tidak hanya sebagai alat transportasi namun juga sebagai pengawas keamanan?

CEO Intel, Brian Krzanich adalah pihak yang memiliki visi demikian. Berbicara kepada CNBC, ia berpendapat kalau mobil nanti tidak hanya bisa menjaga keselamatan pengendaranya saja, namun juga keamanan lingkungan sekitar. Caranya? Dengan mengandalkan kamera yang terpasang di mobil. Ya, nyaris semua mobil baru yang ada sekarang sudah punya kamera sebagai standar, paling tidak 1 kamera di belakang untuk membantu saat mundur.



Di sinilah peran kamera tersebut demi masalah keamanan. Intinya, bagaimana kamera tersebut bisa digunakan untuk membaca plat nomor mobil lain dan detail lainnya. Jadi jika suatu saat polisi menyerukan ada buronan yang kabur dengan mobil X, mobil-mobil lain di jalan bisa membantu menemukan buronan tersebut dengan kameranya, dengan membaca plat nomor dan menginfokan di mana ia berada.

Terobosan bagus, namun bagaimana soal ruang pribadi dan masalah keamanan publik mengenai informasi? Tidak ada yang mau kalau kamera mobil mereka dipakai sembarangan bukan?”Kita harus membatasinya. Kita harus melakukan enkripsi pada data itu dan memastikan kalau yang tertangkap kamera itu mobil X,” ucapnya, karena ia tahu bahwa perkembangan teknologi tidak selamanya bisa diterima dengan mudah.



Lebih lanjut, Krzanich juga mengungkapkan bahwa setelah mengikuti studi ekstensif oleh Intel, data mereka menunjukkan bahwa mobil self-driving akan menghasilkan keuntungan produktivitas yang besar bagi masyarakat, yang menyatakan bahwa walaupun populasi mobil self-driving hanya 25%, kemacetan lalu lintas akan berkurang secara signifikan.

Sumber: https://autonetmagz.com/ceo-intel-mobil-self-driving-bisa-diberdayakan-jadi-kamera-pengawas/56019/