Tuesday, December 19, 2017

Bermodal 170 Juta CCTV, Tiongkok Tangkap Orang dalam 7 Menit


Bermodal 170 Juta CCTV, Tiongkok Tangkap Orang dalam 7 Menit
Tiongkok menjadi salah satu negara dengan sistem keamanan terketat yang memantau setiap warganya.

Kehadiran kamera pengawas seperti CCTV selalu dibutuhkan untuk alasan keamanan. Namun, seberapa mengerikan jika kamera tersebut semakin canggih?

Semakin banyak CCTV yang terpasang, semakin akurat Anda memantau keamanan. Tercatat tidak kurang dari 170 juta CCTV terpasang di seluruh Tiongkok, dilaporkan oleh BBC. Beberapa waktu lalu BBC sempat menguji seberapa canggih teknologi tersebut.

Salah satu wartawan BBC John Sudworth  mendapatkan kesempatan mengakses sistem kendali keamanan di Tiongkok yang mengandalkan data dan teknologi 170 juta CCTV tersebut. Dia menguji sistem tersebut dengan memasukkan dirinya dalam daftar pencarian.

Dalam video yang dibuat, tercatat hanya butuh waktu 7 menit bagi kepolisian setempat untuk menangkap Sudworth setelah informasi orang yang dicari disebarkan lewat sistem alarm yang terhubung dengan pihak kepolisian Tiongkok.

Dahua Technology, perusahaan yang menyuplai jutaan perangkat CCTV menyebutkan bahwa CCTV yang mereka produksi telah dibekali teknologi canggih dengan panduan AI atau kecerdasan buatan.

"Kami membenamkan kemampuan untuk mengenali wajah, jenis kelamin, usia, dan langsung mengeceknya ke database kependudukan yang dimiliki oleh pemerintah. Bahkan, kami bisa mengenali siapa orang yang bersama mereka serta. Jadi kami bisa mengetahui seberapa sering orang tersebut saling bertemu," kata perwakilan Dahua Technology Yin Jun.

Dalam video tersebut, salah satu petugas kepolisian di distrik Guiyang menegaskan seluruh database yang mereka miliki dan terhubung ke CCTV, dan  dipakai hanya dalam keadaan darurat. Ketika seseorang atau kondisi tidak darurat, data tersebut tetap tersimpan rapat.

Jika tahun depan Tiongkok bisa memiliki 400 juta unit CCTV, tidak hanya keamanan yang bisa mereka pantau secara ketat. Pemerintah setempat juga bisa mempelajari tingkah laku orang yang tertangkap kamera.

Sumber: http://teknologi.metrotvnews.com/news-teknologi/JKRlvV3b-bermodal-170-juta-cctv-tiongkok-tangkap-orang-dalam-7-menit