Friday, July 31, 2015

Ahok Percaya CCTV Bisa Mengurangi Angka Kriminalitas


Ahok Percaya CCTV Bisa Mengurangi Angka Kriminalitas

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja  Purnama saat menghadiri acara buka puasa bersama di Kantor Kelurahan  Duren Sawit, Jakarta, Jumat (26/6). (CNN Indonesia/Tri Wahyuni)

Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama percaya kalau penggunaan kamera pengawas atau CCTV (Circuit Closed Television) bisa mengurangi angka kriminalitas. Terutama untuk kota besar seperti Jakarta, keberadaan CCTV dinilai Basuki menjadi sangat penting.

"Mau tidak mau kota besar harus memanfaatkan teknologi CCTV," kata Basuki saat ditemui di Balai Kota Jakarta, Kamis (23/7).

Tapi, dengan syarat CCTV tersebut harus mempunyai kualitas yang baik dengan resolusi yang tinggi. Sebab, jika tidak fungsinya pun tidak akan maksimal.

"Tapi yang tajam. Saya tidak mau yang buram-buram. Mesti betul-betul terlihat, wajahnya siapa bisa ketahuan, supaya bisa mengurangi kriminal," ujarnya.

Salah satu bukti bahwa CCTV bisa mengurangi angka kriminalitas adalah terungkapnya kasus penculikan seorang anak perempuan di sebuah pusat perbelanjaan. Dalam rekaman tersebut, terlihat anak perempuan itu digandeng oleh seorang pria tak dikenal.

Untuk itulah, menurut Basuki, selain kualitas CCTV yang baik juga dibutuhkan CCTV yang bisa mendeteksi wajah dan identitas seseorang.

"CCTV yang (akan) kami pasang bisa deteksi wajah sebetulnya. Kalau kamu ada e-KTP, di plot masuk, kami tahu itu siapa. Kalau seluruh Indonesia datanya diberikan kepada kami, bisa tahu orang ini tercatat atau tidak," katanya.

Sebelumnya, Basuki mengatakan Pemprov DKI Jakarta sudah mempunyai 4.800 unit CCTV dengan kualitas gambar yang sangat baik. Bahkan CCTV tersebut mampu melihat plat nomor kendaraan bermotor yang melintas di jalan dengan jelas.

Namun, ia masih belum bisa memastikan pemasangan seluruh CCTV akan terealisasi tahun ini. "Saya tidak tahu tahun ini keburu pasang atau enggak. Mungkin tahun ini sekitar 2000 CCTV akan dipajang," ujarnya menjelaskan.

CCTV tersebut nantinya akan memantau berbagai hal, mulai dari lalu lintas sampai kondisi keamanan lingkungan. Untuk pemasangan CCTV sendiri, Basuki akan menggandeng pihak kepolisian untuk meminta saran titik mana saja yang perlu dipantau kamera CCTV.

Sumber : http://www.cnnindonesia.com/nasional/20150723202159-20-67871/ahok-percaya-cctv-bisa-mengurangi-angka-kriminalitas/