Tuesday, August 4, 2015

Awasi ibu kota, Ahok mau bangun Command Center di Polda Metro

Awasi ibu kota, Ahok mau bangun Command Center di Polda Metro
ahok datangi bareskrim. ©2015 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Polda Metro Jaya, untuk membangun pusat kendali kamera pengawas keamanan (CCTV), yang akan menjangkau hampir seluruh wilayah kecamatan dan kelurahan di wilayah DKI Jakarta.

Nantinya, infrastruktur teknologi informasi milik Pemprov yang selama ini belum optimal dioperasikan tersebut, akan diakomodir pula oleh pihak Polda Metro Jaya, sehingga bisa digunakan untuk memantau segala hal terkait kejadian apapun yang ada dalam pengawasan seluruh kamera CCTV tersebut.

Sementara itu, untuk keperluan pemantauan stabilitas keamanan, Polda nantinya akan diberikan akses secara penuh ke jaringan CCTV tersebut, oleh Pemprov DKI Jakarta. Salah satunya adalah, dengan membangun pusat komando pemantauan di Polda Metro Jaya.

"Makanya, kita ingin bangun command center yang baik di sini," ujar Ahok di Polda Metro Jaya, Rabu (29/7).

Ahok mengungkapkan, dalam hal pemantauan situasi di seluruh pelosok ibu kota, Polda sebenarnya adalah pihak yang lebih memiliki kepentingan, pada akses atas jaringan kamera CCTV di seluruh wilayah Jakarta tersebut.

Menurutnya, jika sudah demikian, Polda bisa saja langsung mengambil tindakan tang diperlukan, saat mengetahui adanya tindak kejahatan di wilayah DKI Jakarta, yang terekam jaringan CCTV milik Pemprov DKI. Hal ini tentunya akan berbeda, jika akses ke CCTV tersebut hanya bisa diakses oleh camat maupun lurah.

"Kalau lurah lihat ada kejahatan, gimana dia bisa langsung turun dengan cepat? Lurah mah pistolnya cuma pistol air," pungkasnya.

Sumber : http://www.merdeka.com/jakarta/awasi-ibu-kota-ahok-mau-bangun-command-center-di-polda-metro.html