Tuesday, December 1, 2015

Polda Minta Pemprov DKI Jakarta Pasang CCTV di Semua JPO



Sejumlah pejalan kaki menggunakan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di kawasan Sudirman, Jakarta, Jumat (20/11). (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Mohammad Iqbal menyatakan Kepolisian telah meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk memasang Closed Circuit Television (CCTV) atau kamera pengawas di seluruh jembatan penyebrangan orang (JPO).

CCTV dinilai penting untuk membantu proses pengamanan di tempat-tempat rawan tindak pidana.

"Kami imbau di semua JPO ada CCTV. Spesifikasinya jangan murahan. Jadi harus terlihat jelas bila dizooming," kata Iqbal di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (26/11).

Keberadaan CCTV menurutnya sangat membantu proses proses penyelidikan, khususnya dalam kasus tindak pidana yang sepi dari aktivitas.

Meskipun ada beberapa kasus terekam CCTV tidak terungkap, namun CCTV tetap diperlukan.

"Setidaknya kalau ada CCTV akan lebih mudah terungkap. Pengungkapan kasus tidak mudah. Kalau ada CCTV dilihat kejadiannya," ujar Iqbal.

Lebih lanjut, ketika ditanya soal kasus pemerkosaan seorang perempuan di JPO di kawasan Lebak Bulus, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Iqbal menyampaikan Kepolisian masih melakukan penyelidikan dan berjajanji akan diungkap secepatnya.

"Semoga cepat tertangkap," ujar Iqbal.

Iqbal juga mengaku Kepolisian telah meningkatkan penjagaan dengan melakukan patroli jalan kaki di JPO yang ada di DKI Jakarta. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi terulangnya kasus serupa.

"Kami meningkatkan patroli di JPO. Tapi kejahatan terjadi karena ada niat, situasi sepi dan kondisi korban yang rentan," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memerintahkan Dinas Perhubungan menambah fasilitas keamanan JPO di Jakarta. Instruksi tersebut dikeluarkan menyusul kejadian pemerkosaan terhadap seorang calon pegawai negeri sipil yang terjadi di JPO.

"Saya katakan untuk memasang lampu terang dan jika perlu di tempat yang rawan dipasang CCTV," kata Ahok.

Ahok mengatakan seluruh CCTV tersebut nantinya akan terkoneksi langsung dengan kepolisian. Sehingga dengan cara tersebut, penanganan kejahatan akan lebih cepat ditangani.

Sumber : http://www.cnnindonesia.com/nasional/20151126173646-12-94336/polda-minta-pemprov-dki-jakarta-pasang-cctv-di-semua-jpo/